Mungkinkah Bekerja Sambil Kuliah

Bekerja merupakan rutinitas yang terkadang membuat Anda merasa seperti tidak ada waktu lagi untuk mengerjakan hal lain di luar pekerjaan. Bagi Anda yang baru saja memasuki dunia kerja setelah melewati jenjang perkuliahan, tentu saja ada jenjang berikutnya yang harus dilewati dan tentunya lebih menantang dibandingkan jenjang sebelumnya.

Dalam tahap awal Anda bekerja banyak sekali hal asing yang Anda belum ketahui, untuk itu, penting adanya adaptasi dalam lingkungan kerja. Contohnya saja adaptasi dalam bertingkah laku, cara bekerja, cara berfikir, menerepakan nilai-nilai kehidupan, hingga adaptasi dalam menentukan tujuan. Semuanya memang akan terasa sangat sulit diawal, dan tidak sedikit yang mengalami stres akibat adaptasi lingkungan kerja, tetapi jangan khawatir, justru stres dapat memacu kelenjar adrenalin yang menyebabkan Anda dapat bekerja lebih keras. Dengan demikian, stres membuat Anda menjadi selangkah lebih maju. Tetapi tidak sedikit yang merasakan gagal dan pada akhirnya memutuskan untuk mengubah haluan dengan mencari pekerjaan baru. Semua pilihan ada ditangan Anda.

Anda menjalani rutinitas yang begitu panjang, mungkin sempat tersirat dibenak Anda bahwa ilmu yang Anda dapatkan dibangku sekolah dan kuliah tidak begitu banyak terpakai didalam pekerjaan Anda. Pikiran Anda tidak banyak digunakan dibandingkan dengan energi yang lebih banyak terserap dan menuntut banyak kekuatan fisik, sehingga Anda merasa otak Anda menjadi tumpul karena terjebak dengan rutinitas yang ada.
Pernahkah Anda berfikir untuk mengasah otak dan keterampilan walaupun Anda sudah bekerja seperti halnya dengan berkuliah, sedangkan hari libur hanya Sabtu dan Minggu. Sebagian orang pasti berfikir mana sempat. Sibuknya pekerjaan begitu menyita waktu, apalagi ditambahkan untuk berkuliah. Banyak program-program yang ditawarkan untuk Anda yang bekerja tetapi ingin melanjutkan kuliah, seperti kuliah ekstensi dihari Sabtu dan Minggu, master degree reguler Senin-Sabtu di malam hari, dan masih banyak lagi program yang ditawarkan oleh kampus atau Universitas yang ada. Sebelum memutuskan untuk bekerja sambil kuliah ada baiknya memikirkan beberapa hal berikut ini dengan matang :

Biaya. Budget yang Anda keluarkan sudah pasti tidak sedikit. Pikirkan banyaknya biaya kuliah yang harus dikeluarkan, perhitungkan juga biaya transport dan makan. Setelah itu, lakukanlah penghematan untuk hal yang sifatnya sekunder, agar cashflow tidak membengkak.

Kenali sistem birokrasi perusahaan. Jika Anda merupakan karyawan baru yang baru saja memulai bekerja, lebih baik Anda simpan dulu keinginan Anda untuk melanjutkan kuliah, karena saat Anda memutuskan untuk kembali kuliah Anda harus bisa melakukan negosiasi dengan pihak kantor untuk mengatur jam kuliah Anda. Awal Anda bekerja biasanya perusahaan ingin menilai seperti apa kinerja Anda dan seberapa loyal Anda dengan perusahaan. Jika baru awal saja Anda sering minta izin, bagaimana reputasi Anda bisa baik dimata perusahaan.

Pengaturan Waktu. Harus pintar dalam mengatur waktu antara padatnya jadwal pekerjaan seperti deadline, meeting, lembur dengan tugas kuliah. Buatlah jadwal kegiatan Anda sebaik mungkin. Tanamkan di dalam diri Anda prinsip kerja keras, karena tujuan kuliah juga merupakan investasi di masa yang akan datang, jadi jangan sia-siakan waktu Anda untuk hal yang tidak berguna. Tetap konsisten menjalani jadwal yang sudah Anda buat.

Buatlah Keputusan. Buatlah keyakinan dalam diri Anda bahwa pekerjaan kantor dapat di kombinasikan dengan tugas-tugas kuliah. Jika tidak, sebaiknya Anda membuat keputusan antara kerja atau kuliah. Karena keduanya sama-sama penting, jika pada akhirnya Anda harus berhenti bekerja untuk sementara waktu menyelesaikan kuliah, jangan disesali karena kuliah juga merupakan aset bagi hidup Anda. Setelah itu kejarlah ketinggalan Anda setelah Anda kembali ke dunia kerja. Jika menurut Anda pekerjaan lebih penting daripada kuliah, buatlah keputusan untuk tidak berkuliah, karena terkadang kita tidak dapat melakukan pekerjaan dalam satu waktu.

Jadi, siapkah Anda melakukan kerja sambil kuliah ?


Blog, Updated at: 01.07

 photo PDLcopy_zps3f6bcfe5.gif