Berbicara mengenai mengelola karyawan dari sebuah
perusahaan tidaklah mudah. Awalnya harus dimulai dari bagaimana
perusahaan mencari atau merekrut karyawan. Mencari karyawan yang sesuai
dengan kebutuhan perusahaan itu bukan hal mudah. Karena dalam mencari
karyawan, HRD
harus melihat bagaimana caranya menarik karyawan berkualitas dan
memiliki integritas yang sesuai dengan kompetensi masing-masing Divisi
serta memiliki karakter baik adalah merupakan tujuan pokok HRD.
Langkah pertama dalam memperoleh karyawan berbakat dimulai dengan
memilih metode pendekatan terbaik dalam mengidentifikasi, menemukan
sumber dan mengamankan calon karyawan. Selain itu, seluruh
kegiatan rekrutmen dan seleksi harus diselaraskan dengan kegiatan
mendapatkan bakat karyawan serta citra perusahaan juga harus
terimplementasi. Langkah berikutnya memilih jalur komunikasi yang
tepat untuk mendapatkan karyawan yang dibutuhkan dengan menggunakan
teknologi sebagai daya ungkit suatu perusahaan dalam menganalisis
sumber rekrutmen dan memilih sumber rekrutmen yang diselaraskan
dengan strategi pemilihan bakat kandidat. Hal inilah yang diterapkan
oleh PT NCS, yaitu suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
pengiriman, kargo domestic dan internasional, serta logistic.
Kualifikasi Lowongan Kerja Yang Jelas Dan Ketat
Kriteria kami dalam memilih karyawan adalah orang tersebut harus ulet,
pekerja keras, loyal, jujur, komitmen pada integritas, memiliki motivasi
diri yang bagus dan mampu memahami Visi dan Misi perusahaan, serta
menempatkan kandidat sesuai dengan karakter. Sedangkan dari sisi pendidikan, kami menerima dari tingkat pendidikan S1 sampai dengan S2.
Mengenai cara perekrutan, kami menggunakan beberapa strategi antara lain menangani sendiri lamaran kerja
yang masuk untuk beberapa posisi dan jabatan dari pekerjaan utama dan
atau bekerjasama dengan perusahaan Outsourcing untuk pekerjaan
penunjang.
Membuka Lowongan kerja diseluruh Indonesia
Dengan membuka lowongan kerja diseluruh
Indonesia diharapkan perusahaan akan dapat membangun kinerja karyawan
yang tersebar di seluruh Indonesia, perusahaan melakukan dengan cara
terus menerus membangun motivasi kerja, melalui atasan masing-masing
karyawan. Motivasi ini bukan hanya dalam bentuk dukungan moril saja,
tetapi bisa dalam hal material. Reward, menjadi satu motivasi buat para karyawan mencapai performance yang terbaik. Kenaikan gaji, karir
dan kesempatan Umroh/ Haji buat karyawan muslim bisa didapat karyawan
yang loyal dan berdedikasi. Bukan itu saja motivasi mental juga
dilakukan oleh perusahaan yaitu diselenggarakanya pengajian yang secara
rutin tiap bulan sekali yang mewajibkan karyawan muslim untuk
mengikutinya, menjadi motivasi pembangunan mental karyawan. Dan untuk
meningkatkan kemampuan kerja, training-training juga diberikan kepada
karyawan.
Membuka lowongan kerja untuk mencari karyawan "Asset" bukan "liabilitas"
Konseling juga menjadi satu cara perusahaan
memotivator karyawan yang memiliki persoalan/ permasalahan. Sebagai
contoh, di perusahaan kami punish bisa menjadi motivator karena
diberikan dalam bentuk pengarahan dan pembinaan bukan hukuman. Hal ini
menghindari perselisihan antara karyawan dan perusahaan. Perusahaan
merasa bahwa karyawan adalah asset perusahaan sehingga HRD
harus jeli dalam menata karyawan untuk menghindari terjadinya salah
rekrut sehingga berakibat karyawan tersebut nantinya bisa menjadi liabilitas bagi perusahaan.
Perusahaan membantu atasi masalah karyawan
Soal mengatasi masalah yang dihadapi karyawan,
perusahaan akan membantu karyawan mengatasi masalah yang dihadapi
karyawan. Selama masalah karyawan adalah masalah perekonomian, maka
perusahaan akan membantu sesuai dengan kemampuan perusahaan. Penanganan
masalah karyawan ini sangat perlu karena masalah dalam diri karyawan
mampu menurunkan kinerja karyawan tersebut.
Tetap Bertarget
Meski sepertinya Karyawan mendapat perlakuan istimewa
namun bukan berarti karyawan tidak dituntut untuk bekerja dengan baik.
Mereka harus bekerja sebaik mungkin karena mereka punya target yang
harus dipenuhi.
Misalnya saja karyawan dibagian Customer Service,
setiap hari mereka menerima telepon termasuk complain, target mereka
kalau bisa hari ini menerima complain, hari ini juga harus diselesaikan.
Bagaimana cara agar karyawan kami bisa memenuhi
target ? Setiap hari karyawan diwajibkan untuk membuat pelaporan dan hal
ini dimonitor secara langsung oleh atasannya. Dari situ akan terlihat
karyawan yang "stag" dan bisa diketahui pula bagaimana cara
mengatasi dan sekaligus cara untuk meningkatkan kemampuan diri karyawan
tersebut sehingga kedepan karyawan tersebut akan mampu terus
mengembangkan diri. Kalau semua sudah berjalan sesuai track, hasilnya tentu akan sesuai dengan yang diinginkan dan target perusahaan.